Ciri-ciri Akun Toko Gadget Palsu di Medsos

Ciri-ciri Akun Toko Gadget Palsu di Medsos

Ciri-ciri Akun Toko Gadget Palsu di Medsos

Ciri-ciri Akun Toko Gadget Palsu di Medsos, – Salah satu alasan kenapa belanja online digemari karena banyak variannya dan juga harganya yang relatif terjangkau. Namun, untuk belanja online kamu juga harus berhati-hati karena banyak sekali modus penipuan online shop yang jarang disadari oleh kita.

Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita mencegah agar tidak menjadi korban dari penipuan online. Apalagi kalau kamu ingin membeli gadget yang harganya bisa dibilang mahal.

Melansir https://christian-mommies.com/, Pergeseran kehidupan kita menuju dunia maya membuat semakin marak munculnya penipuan. Dunia online membuat para penipu lebih mudah menghilangkan jejaknya.

Cukup menghilang dari akun dan membuat akun baru, mereka sudah bisa melanjutkan aksinya. Salah satu yang paling marak terjadi adalah di media sosial. Berikut ini adalah beberapa tanda suatu akun toko atau jualan merupakan akun palsu penipuan.

Harga yang kelewat murah ketimbang harga pasar

Umumnya akun-akun penipuan macam ini menjanjikan barang dengan harga kelewat murah hingga tahap tidak masuk akal. Sebagai contoh iPhone 11 bisa seharga Rp1 juta saja. Jika ditanya seperti itu, biasanya mereka akan mengatakan sedang ada promo besar di toko mereka atau mereka mengambil barang black market (BM).

Merupakan akun baru (atau terlihat demikian) dan postingan tidak banyak

Yang paling mudah diperhatikan dari akunnya adalah seringnya akun penjual itu baru saja dibuat dan tidak memiliki postingan barang yang banyak. Kamu juga akan menemui nama toko yang terkesan dibuat ala kadarnya dan ketika dicari, bakalan ada beberapa akun yang serupa namanya. Kurang lebih serupa dengan tanda-tanda akun palsu yang lain.

Tidak mau didatangi tokonya

Karena penipuan ini menggunakan modus online dan sering kali menggunakan alasan bahwa barangnya ilegal, mereka tidak akan mau ditemui. Entah itu kamu mencoba melakukan cash on delivery (CoD) atau langsung mendatangi tokonya, mereka pasti akan menolak.

Namun ada beberapa kondisi yang mana mereka mempersilakan untuk bertemu. Hanya saja lokasinya akan jauh tidak masuk akal dari lokasimu, seperti di Batam, padahal kamu ada di Sulawesi atau Kalimantan, atau menggunakan alamat palsu.

Menolak melakukan video call

Ada satu cara lagi yang kemungkinan terbesar akan ditolak oleh para akun penipuan, yaitu melakukan video call. Jika kamu meminta melakukan video call untuk bisa melihat barangnya secara langsung, mereka akan menolak. Alasannya adalah barang tidak ada di tempat mereka atau lain hal.

Product knowledge yang sangat rendah

Satu cara lagi untuk terhindar dari penipuan ini adalah menguji product knowledge mereka. Umumnya para penipu macam ini hanya akan mengetahui luarnya saja tanpa mengetahui dalamnya. Sebagai contoh kamu bisa menanyakan permasalahan iOS dari iPhone atau software dari suatu hp dan mereka akan menjawab asal dan tidak benar.

Coba aja tanya, misalnya waktu kamu berniat beli iPhone, “Min, apa Play Storenya lengkap/ada?” Kalau sang penjual menjawab lengkap atau ada, well, kamu sudah bisa menilai sendiri. Langsung lakukan tes product knowledge aja sejak awal, supaya kamu gak menghabiskan banyak waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *